Ibnu Banu Harli | "Penambang Pasir" (Sand Miners)

Gunung Merapi memiliki satu janji yang selalu dipenuhi: setiap 4 hingga 8 tahun akan terjadi erupsi. Siklus tersebut diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan hubungan timbal balik antara alam dan manusia. Bagi orang yang percaya pada bentuk kearifan ekologi; mereka memahami siklus ini sebagai berkah, siklus pembaharuan, dan kemakmuran. Setelah setiap erupsi, tanah akan menjadi lebih subur dari sebelumnya dan panen berikutnya akan lebih baik. Tapi, batuan vulkanik dan pasir harus dihilangkan karena tidak baik untuk bercocok tanam di permukaan yang penuh material vulkanik sehingga pasir dan bebatuan tersebut perlu dihilangkan. Seri lukisan ini dibuat di tahun 2001 dan menggambarkan praktik penambangan pasir tradisional di sungai wilayah desa yang letaknya di arah Timur dari Kaliurang.  Skala yang lebih kecil dari industri pertambangan pasir dapat ditelusuri kembali ke tahun 1980-an dan jika material vulkanik diambil hanya secukupnya dan dengan hati-hati, keseimbangan alam dapat dipulihkan. Sayangnya, setelah meninggalnya Mbah Maridjan sang juru kunci Gunung Merapi sisi selatan, praktik ini digantikan oleh praktik yang ekstraktif dan eksploitatif dengan penggunaan mesin berat.

Lokasi #1: Pendopo
Artists: Merapi Siring Kidul (individual work)

Di lokasi pertama ini, para seniman menggunakan nostalgia untuk menggambarkan keindahan kehidupan di Kaliurang sebelum modernisasi dan perubahan lingkungan yang cepat dan pasti.  Karya-karya di lokasi ini secara langsung maupun tidak langsung terhubung dengan karya-karya lain yang ditampilkan di luar ruangan. Beberapa pesan yang ada di karya-karya ini dapat dipelajari secara langsung melalui wisata jalan kaki tertentu.

_____

The volcano has one promise it always fulfills: every 4 to 8 years, there will be an eruption. The cycle is necessary to keep the balanced and reciprocal relationship between nature and the people. For people who believe in a form of ecological wisdom would acknowledge this cycle as a blessing, a cycle for renewal, and prosperity. After every eruption, the soil will become more fertile than before and the next crop will be better. But, volcanic rocks and sand should be shunned. One shall not grow a farm on a surface full of volcanic materials. Thus, the materials have to be taken away. This series of paintings is from the year 2001, depicting traditional sand mining practice around the village Eastern of Kaliurang. Smaller scale of the sand mining industry can be traced back to the 1980s and if the volcanic material is being taken only sufficiently and cautiously, balance can be restored. Unfortunately, after the passing of Mbah Maridjan the custodian of the Southern side of Mount Merapi, this practice is being replaced by heavy machinery in an extractive manner. 

Location #1: Pendopo
Artists: Merapi Siring Kidul (individual work)

In this particular section of 900mdpl, the artists use nostalgia to portray the beauty of life in Kaliurang before the fast and steady modernization and environmental changes. The works in this location are connected to the other works being displayed outdoors and some others can be learnt directly through the specific walking tours.