Di bagian ini, Maryanto tidak membuat karya yang secara langsung menggambarkan tentang Merapi sisi Selatan, namun hubungan antara poros Utara dan Selatan yang terbentuk dari aliran air dan banjir lahar dingin yang menembus batas-batas wilayah. Objek pada lukisan adalah sisa bendungan di wilayah Kulon Progo. Bendungan sudah hancur karena erosi air dan banjir lahar. Sekarang sisa bangunan itu ditumbuhi tanaman lumut.
Di lokasi pertama ini, para seniman menggunakan nostalgia untuk menggambarkan keindahan kehidupan di Kaliurang sebelum modernisasi dan perubahan lingkungan yang cepat dan pasti. Karya-karya di lokasi ini secara langsung maupun tidak langsung terhubung dengan karya-karya lain yang ditampilkan di luar ruangan. Beberapa pesan yang ada di karya-karya ini dapat dipelajari secara langsung melalui wisata jalan kaki tertentu.
_____
In this section, Maryanto does not create a work that directly describes the southern side of Merapi, but the relationship between the North and South axis which is formed from the flow of water and lahar flooding that penetrate regional boundaries. The object in the painting is the remnant of a dam in the Kulon Progo area. The dam has been destroyed due to water erosion and lahar flooding. Now the rest of the building is overgrown with moss.
In this particular section of 900mdpl, the artists use nostalgia to portray the beauty of life in Kaliurang before the fast and steady modernization and environmental changes. The works in this location are connected to the other works being displayed outdoors and some others can be learnt directly through the specific walking tours.